Vertebrata: definisi, karakteristik, klasifikasi, kelebihan, contoh

Pendidikan

Pengertian hewan vertebrata
Baca cepat Buka

Vertebrata adalah kelompok hewan yang memiliki tulang punggung. Vertebrata juga dapat berkembang biak dengan bertelur dan melahirkan berbagai spesies dari spesiesnya masing-masing.


Sifat-sifat vertebrata

Di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri hewan vertebrata, di antaranya sebagai berikut:

Memiliki tulang di punggungnya
Organ pernapasan berupa paru-paru, kulit atau insang
Perkembangan yang bagus
Memiliki ukuran tubuh yang berbeda
Memiliki penggerak aktif
Memiliki sistem pencernaan yang baik
dapat berkembang menjadi vertebrata yang dilindungi oleh tengkorak
Memiliki suhu yang menyesuaikan dengan lingkungan
Memiliki indera penciuman yang sangat tajam.
Memiliki organ reproduksi yang sangat baik
Ukuran tubuh bervariasi.
Memiliki sistem peredaran darah tertutup.

Klasifikasi vertebrata

Berikut ini adalah klasifikasi vertebrata, antara lain sebagai berikut:

Mamalia adalah spesies hewan yang memiliki sifat menyusui. Mamalia memiliki kelenjar susu di dada atau perut mereka yang digunakan untuk memberi makan anak-anak mereka ketika mereka masih muda. Mamalia adalah vertebrata dan merupakan hewan berdarah panas. Mamalia biasanya adalah pembawa hidup atau melahirkan, seperti kambing, kuda dan harimau. Namun ada juga mamalia yang bertelur, hewan ini disebut monotremata, contohnya Ecodna. Ada juga mamalia yang melahirkan tetapi membesarkan anaknya di dalam kantong, atau marsupalia, seperti kanguru.
Aves adalah jenis burung yang dicirikan dengan adanya bulu burung, paruh, dan hewan berdarah panas. Aves umumnya berkembang biak dengan bertelur. Contoh aves adalah ayam, merpati, dan burung beo.
Ikan adalah spesies ikan: ikan hidup di air, memiliki pelindung belakang, berkembang biak dengan bertelur dan memiliki suhu dingin. Ikan terdiri dari ikan bertulang seperti ikan teri dan gurami, dan ikan bertulang rawan seperti hiu dan pari.
Amfibi adalah spesies hewan yang hidup di dua alam, air dan darat, dengan ciri-ciri kulit yang tidak bersisik dan lembab. Amfibi memiliki ciri-ciri metamorfosis dengan tahap larva di anakan. Amfibi adalah hewan peliharaan belakang, berkembang biak dengan bertelur dan berdarah dingin. Contoh hewan amfibi adalah katak.
Reptil merupakan salah satu jenis hewan darat yang memiliki ciri bersisik. Reptil memiliki bokong, berkembang biak dengan bertelur dan, seperti amfibi, berdarah dingin. Namun, reptil tidak mengalami metamorfosis. Contoh reptilia adalah ular, kadal, dan kura-kura.

Baca Juga : Pengertian Kolusi
Manfaat Vertebrata

Beberapa manfaat hewan vertebrata adalah sebagai berikut.

Ikan atau ikan sebagai sumber makanan kaya protein, sebagai produk hewan peliharaan.
Amfibi sebagai makanan
Reptil sebagai bahan obat
Aves dapat digunakan sebagai bahan makanan protein
Mamalia sebagai sumber protein untuk produksi

Contoh hewan vertebrata

Berikut beberapa contoh hewan vertebrata, antara lain:

  1. Ikan (ikan)

ikan

Ikan adalah hewan yang hidup di air. Memiliki struktur tubuh khusus yang dapat bergerak cepat di dalam air. Ikan memiliki sirip yang digunakan untuk berenang. Sirip pada ikan terdiri dari 5 jenis sirip yaitu sirip dada, sirip perut, sirip punggung, sirip punggung, dan sirip ekor. Ikan bernafas dengan insang, contohnya tuna, kakap, hiu dan lain-lain. Namun, hewan seperti paus dan lumba-lumba bukanlah ikan. Karena mereka adalah mamalia atau mamalia. Ikan termasuk hewan vertebrata karena merupakan hewan yang memiliki tulang punggung. Tulang dan tulang rawan asli ditemukan dalam struktur tulang herring. Ikan memiliki tulang yang memberi ikan bentuk dasarnya. Namun, beberapa ikan memiliki struktur yang agak unik, seperti ikan pari, kuda laut, hiu, dan lain-lain.

  1. Katak (amfibi)

katak

Amfibi adalah hewan yang dapat hidup di darat maupun di air. Ini karena mereka memiliki dua sistem pernapasan, yaitu paru-paru dan kulit, sehingga mereka dapat hidup di darat atau di air. Kodok atau katak merupakan jenis amfibi yang sangat mudah ditemukan yang memiliki proses metamorfosis yang sangat sempurna. Katak bernafas melalui insang kemudian tumbuh menjadi dewasa dengan menarik bagian depan dan belakang alat pernafasan ke dalam paru-paru yang berupa insang dan merupakan penyebab katak pada hewan amfibi. Katak juga merupakan salah satu amfibi yang bisa hidup di dua alam. Namun, katak harus berada di dekat air untuk menjaga kelembapan kulitnya. Katak juga termasuk hewan vertebrata karena tubuhnya terdiri dari kerangka

Lihat Juga

https://officialjimbreuer.com/
https://rollingstone.co.id/
https://www.dulurtekno.co.id/
https://excite.co.id/
https://creasi.co.id/