LKSN-2021-Siswa-Berkebutuhan-Khusus-Juri-Anak-anak-kita-Hebat

LKSN 2021 Siswa Berkebutuhan Khusus, Juri: Anak-anak kita Hebat!

Pendidikan

Ratusan karya peserta lomba sekolah nasional untuk siswa berkebutuhan khusus (LKSN PDBK 2021) saat ini sedang dalam tahap evaluasi. Tahun ini LKSN mengangkat PDBK “Berinovasi Untuk Kebangkitan Bangsa”.

Karya-karya tersebut terbagi dalam sembilan lomba, yaitu membatik, kerajinan kayu, seni kuliner, kecantikan, merangkai bunga, menjahit, teknologi informasi, hantaran dan barang bekas.

Peserta LKSN GDPK adalah siswa penyandang disabilitas; Anak tunarungu, cacat mental, cacat fisik, dan autis

di sekolah luar biasa setingkat SMPLB/SMLB.

Sebelum memasuki tingkat nasional, peserta dari masing-masing provinsi telah melewati tahap seleksi di daerahnya masing-masing.

Ditemukan jumlah provinsi yang mengajukan karya untuk mengikuti GDPK LKSN 2021, yaitu 28 batik, 29 kerajinan kayu, 29 seni kuliner, 30 kecantikan, 31 rangkaian bunga, 30 menjahit, 26 teknologi informasi, 30 perbekalan dan barang. sebelumnya 29.

Nantinya, panitia akan menggunakan hasil evaluasi tersebut untuk menentukan enam terbaik dari masing-masing bidang lomba sebagai juara satu sampai tiga dan satu sampai tiga calon juara.

Dapatkan informasi, inspirasi, dan wawasan di email Anda.
email pendaftaran
Juri bangga dan kagum

Juri masing-masing bidang lomba mengaku bangga sekaligus kagum melihat kreasi peserta PDBK LKSN 2021

yang terus berkembang dan lebih baik dari tahun lalu.

Hal ini diungkapkan oleh salah satu juri kecantikan Lianywati Batihalim. Ia puas melihat karya 30 peserta di area kecantikan. Menurutnya, para peserta mampu menerjemahkan tema rias fantasi “Illution Make Up” ke dalam karya apa pun dengan ide-ide brilian.

Baca juga: Bangun Jembatan Dunia Kerja, Puspresnas Gelar Kompetisi Kompetensi Mahasiswa 2021

“Terlihat dari para peserta kompetisi ini dari tahun ke tahun ada kemajuan, ide-ide ilusi dan semua yang dilakukan sangat luar biasa. Anda juga bisa melihat semangat, seni dan konsentrasi mereka dalam berkarya,” ujarnya usai penilaian (27 Oktober 2021).

Ia menambahkan, kemandirian dan rasa percaya diri siswa akan tumbuh dengan mengikuti LKSN PDBK.

Bahkan, ia menemukan bahwa kemampuan peserta untuk merias wajah fantasi

merata di seluruh Indonesia. Menurutnya, kemampuan ini tidak lagi hanya didominasi oleh mereka yang tinggal di kota-kota besar.

“Tahun lalu menonjol di pulau Jawa, tapi sekarang sudah mulai menyebar ke pulau-pulau lain di seluruh Indonesia dan itu memberi kita semua harapan besar untuk anak-anak ini,” katanya optimis.

Hal senada juga diungkapkan juri menjahit Dwijanti. Menurutnya, hasil kerja peserta LKSN PDBK melebihi ekspektasi. Dia merasakan kekaguman setelah menonton video yang dikirim oleh para hadirin.

Video tersebut memperlihatkan proses pembuatan baju dari tahap akhir hingga selesai. Bahkan, dia bisa melihat langsung karyanya saat dikirim ke ruang juri oleh para kontestan.

Dwijanti menjelaskan, ada beberapa aspek penilaian juri, yakni orisinalitas, teknik menjahit, hingga penampilan akhir.

“Tahun ini kami meninggalkan kebebasan desain sampai kami bisa mengubahnya menjadi sebuah produk. Awalnya kami tidak memiliki ekspektasi yang besar, namun setelah melihat karya yang dikirimkan ternyata anak-anak kami hebat tapi skill mereka meningkat. Kompetisi ini dilakukan secara online,” ujarnya.

Adapun juri di bidang kerajinan, kata Andi Hakim, keahlian peserta LKSN PDBK sangat luar biasa. Langkah-langkah pembuatan yang direkam oleh para peserta dalam bentuk video cukup meyakinkan para juri tentang independensi karya.

Baca juga: Puspresnas dan Universitas Telekomunikasi Gelar Gemastik XIV untuk Perkuat Kompetensi Digital

“Saya cukup kaget ada pekerjaan yang benar-benar dikerjakan oleh anak itu dan itu sangat luar biasa. Mereka merekam semua tahapan jadi kami yakin itu dikerjakan oleh anak itu,” ujarnya bangga.

Dia juga menganggap karyanya memiliki nilai komersial dan artistik. Bahkan, dia mengatakan yang hadir dalam LKSN GDPK 2021 bidang kerajinan adalah para seniman.

LIHAT JUGA :

https://nac.co.id/
https://futsalin.id/
https://evitdermaclinic.id/
https://kabarsultengbangkit.id/
https://journal-litbang-rekarta.co.id/
https://jadwalxxi.id/
https://www.greenlifestyle.or.id/
https://www.kopertis2.or.id/
https://rsddrsoebandi.id/
https://www.ktb-mitsubishimotors.co.id/
https://www.topijelajah.com/
https://mesinmilenial.com/